KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT ADALAH TUJUAN KITA SEMUA KEBAHAGIAAN DUNIA AKHIRAT ADALAH TUJUAN KITA SEMUA

Jumat, 24 Februari 2012

Lanjut kuliah, bisnis, atau langsung kerja?
sebuah pilihan berat tentunya bagi setiap kamu lulusan SMA/SMU atau sederajat, pada saat telah lulus jenjang pendidikantersebut, ketiga pilihan tersebut ; kuliah, bisnis atau langsung kerja pada umumnya sudah menjadi hal umum yang siap dipilih oleh siapa saja yang telah lulus dari jenjang pendidikan SMU/SMA
tidak bisa dipungkiri setiap pilihan tersebut hampir bisa dikatakan ada yang memilihnya,

  1. setelah tamat dari smp dan smu ada yang langsung kuliah ke jenjang universitas apabila kondisi keuangan keluarganya mencukupi,
  2. ada yang langsung terjun ke dunia bisnis (melanjutkan usaha orang tuanya) dengan alasan bisa kerja sambil kuliah
  3. dan ada pula yang langsung bekerja karena mungkin alasan keterbatasan ekonomi, tentunya dengan alasan yang sama dengan point no 2 diatas dimana bisa kerja sambil kuliah.
adakah pilihan diatas yang salah? tentunya tidak, semua pilihan diatas sudah benar, namun menurut opini saya, jika kamu tergolong masih mampu untuk langsung kuliah, sebaiknya kamu langsung berkonsentrasi kuliah, mengapa? okey saya bahas satu persatu sebagai berikut :
  • apabila pilihan kamu terpaksa jatuh untuk langsung bekerja, apaboleh buat namanya saja kita harus menyambung hidup, siapa yang akan disalahkan jika kita tidak punya cukup biaya untuk kuliah, kan tidak mungkin kamu menyalahkan orang tua kamu? tapi yang perlu kamu ingat, bekerja dengan hanya mengandalkan ijazah SMA/SMU maka kamu akan menempati posisi karyawan biasa, atau bisa dibilang karyawan dengan gaji maksimal sebesar UMR (upah minimum regional), untuk mendapatkan gaji dan posisi yang tinggi kamu butuh waktu dan proses yang lama. mungkin saja kamu dapat menyisihkan uang dan waktu untuk mengikuti proses perkuliahan untuk mendapatkan gelar sarjana, namun tentunya kamu pasti akan kuliah universitas swasta yang biasanya memiliki akreditasi yang levelnya masih dibawah dari akreditas universitas negeri. kuliah yang kamu ikuti juga modelnya akan monoton, pulang kerja (belum hilang capek) harus langsung kekampus untuk mengikuti kuliah, akibatnya tidak konsen dan nilai mu bisa drop, belum lagi jika di perusahaan yang kamu tempati bekerja memberikan kamu deadline pekerjaan yang tinggi, sehingga berpengaruh terhadap kegiatan perkuliahan yang kamu miliki.
  • apabilah pilihan kamu jatuh untuk langsung berbisnis, bisa dibilang ini sah sah saja, selama memang kamu mampu untuk mengelolanya secar disiplin dan baik. perlu kamu ketahui, kegiatan berbisnis tentunya akan banyak menghasilkan uang (jika memang kamu betul betul menekuninya), tapi terkadang karena sudah dapat uang yang banyak kamu jadi terelena untuk tidak melanjutkan kuliah lagi, istilahnya buat apa kuliah? bisnis begini saja sudah bisa beli ini dan itu. ingat 1 hal, kegiatan bisnis itu ada naik dan turunnya, seperti roda yang terus berputar, kadang diatas kadang dibawah. dia dipengarui banyak faktor mulai dari kondisi normal, kondisi lagi panen (banyak yang pesan) dan kondisi krisis, bahkan kondisi paling parah adalah bangkrut. jika bisnis kamu tiba tiba bangkrut, apa kamu sudah siap mental menerimanya?
  • apabila pilihan kamu jatuh untuk melanjutkan kuliah maka ini uga ada pilihan yang sah sah saja, namun sangat saya rekomendasikan, kenapa? dengan melanjutkan kuliah maka kesempatan kamu akan terbuka semakin lebar, yang penting kamu kuliah dengan serius. di perkuliahan karakter kamu akan terbentuk utamanya apabila kamu ikut kegiatan berorganisasi, disitu kamu akan memiliki kesempatan untuk banyak belajar dan berinteraksi serta membentuk karakter dimana dimasa yang akan datang kamu baru akan sadar bahwa hal tersebut kamu dapatkan sewaktu dulu waktu kuliah.jika kamu kuliah dengan kondisi keuangan yang pas pasan, jangan takut! jika kamu serius belajar dan perstasi mu bagus, ada
banyak sekali beasiswa yang bisa kamu dapatkan. dengan adanya beasiswa, paling tidak biaya biaya perkuliahan sudah ada yang membantumu. jika beasiswa pun tidak bisa kamu dapatkan jangan khawatir, kamu bisa kuliah sambil bekerja atau kuliah sambil berbisnis.
ada banyak sekali pekerjaan yang bisa kamu lakukan sambil kuliah, tentunya saja pekerjaan yang sifatnya ringan sehingga tidak mengganggu perkuliahan mu, istilahnya tambah tambah uang kuliah misalnya :
  • menjadi guru / tentor bimbingan belajar
  • menjadi guru privat,
  • guru les bahasa inggris,
  • menjual jasa pengetikan atau translate,
  • jasa pembuatan website, jasa design grafis,
  • teknisi komputer,
  • tentor kursus komputer
  • dll
kuliah sambil berbisnis juga bisa lho! jangan salah justru market kamu adalah teman kamu sendiri yang saya yakin cukup banyak  kamu hanya perlu mencari model/bentuk bisnis apa yang paling cocok untuk kamu jalankan ke teman teman kamu, misalnya :
  • penjualan baju kaos himpunan fakultas,
  • penjualan sticker fakultas kamu,
  • penjualan kosmetik perempuan (khusus cewe neh) yang modelnya sistem MLM,
  • bisnis penjualan pulsa elektronik.
  • bazaar rutin tiap bulan dan berbagai kegiatan bisnis lainnya.
intinya dengan kuliah, banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan, mulai pembentukan karakter, misal bisa menjadi pemimpin suatu acara/ketua panitia, kesempatan untuk menjadi wakil negara (pertukaran pelajar dengan negara lain) dan masih banyak hal lainnya yang tidak bisa kamu dapatkan apabila langsung bekerja / berbisnis. namun tentunya kuliah yang kamu jalankan adalah kuliah yang sungguh sungguh bukan asal ikut kuliah saja.
ingat apabila kamu selesai suatu saat dengan ipk yang bagus maka kamu akan dapat mudah melalui proses penerimaan diperusahaan atau lembaga pemerintah apabila ada penerimaan.
apabila kamu sudah bekerja nantinya, maka pengalaman kamu saat beroganisasi akan kelihatan dimana kamu akan mampu untuk mengelola dan mengoptimalkan orang lain yang menjadi rekan kerja dan bawahan kamu. ini lah yang akan membuat karir kamu akan melejit. karena hampir semua perusahaan itu mencari orang yang dapat mengelola orang lain, bukan orang yang hanya pintar saja. (baca tulisan saya IPK bukan segalanya)
nah bagaimana? sudah jelas kan uraian diatas, yang pasti setiap pilihan yang kamu pilih tidak ada yang salah, setiap pilihan tentunya ada hasilnya masing masing. namun begitu usahakan lah untuk memilih yang sesuai dengan naluri mu dan apa manfaat yang akan kamu peroleh dengan pilihan mu itu

(jika kamu kuliah dengan biaya orang tua kamu, gunakan lah sebaik baiknya jangan kecewakan orang tua yang telah bersusah payah membiayai perkuliahan mu….)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar